Selasa, 30 September 2014

Mengecat Dinding Dengan Teknik Stensil

Mitra N'zo; Stensil Dinding Motif Chevron
(spoiler)

Dinding merupakan suatu elemen yang berfungsi sebagai pembatas antara ruangan bagian dalam dan bagian luar pada sebuah bangunan. sedangkan di dalam ruangan, selain sebagai penyekat antara ruang satu dengan ruangan yang lain nya, dinding juga biasa difungsikan sebagai media penerapan ornamen-ornamen pemanis interior, maupun sebagai sarana untuk memajang utilitas tertentu dalam sebuah ruangan seperti misalnya: Lukisan-lukisan atau foto keluarga pada dinding ruang tamu, poster-poster tokoh kartun di kamar anak atau poster iklan pada dinding sebuah tempat perbelanjaan, jam dinding ataupun piagam penghargaan pada dinding sebuah kantor.

dari sekian banyak penerapan ornamen-ornamen yang dapat ditambahkan pada dinding, kita dapat juga menerapkan ornamen-ornamen pada dinding itu sendiri untuk membuat tampilan dinding lebih artistik, diantaranya adalah penggunaan wallpaper pada dinding. namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam penggunaan wallpaper, selain terletak pada teknik pemasangan, juga tergantung dari kualitas bahan yang akan kita pakai. sebab beberapa wallpaper berkualitas buruk mempunyai kekurangan antara lain: riskan sobek bila pemasangan wallpaper tidak rata sehingga menyebabkan kertas menggelembung lalu tergores benda-benda tajam, mudah terbakar, dan pada tembok yang mempunyai kadar kelembaban yang tinggi dapat menimbulkan bercak jamur seiring waktu pemakaian, yang dapat menjalar merusak motif beserta wallpaper itu sendiri. 
selain juga dari faktor lingkungan hidup yang mana telah kita ketahui belakangan ini kelangkaan hutan yang merupakan habitat keberadaan pohon sebagai bahan baku utama kertas telah menjadi fokus permasalahan di banyak Negara-Negara Dunia.


Mitra N'zo; Contoh Pemasangan Kertas Wallpaper Yang Kurang Rapi
contoh pemasangan kertas wallpaper yang kurang rapi

namun untungnya kertas wallpaper bukanlah satu-satunya material penghias dinding dengan pola atau motif. walaupun kini wallpaper juga ada yang terbuat dari bahan vinyl, dan ada pula yang berbentuk sticker (wallsticker), tapi bagi kalangan yang menyukai tampilan dinding artistik dengan motif berpola tanpa menggunakan wallpaper, bisa mencoba berkreasi dengan media cat, yang diterapkan pada dinding dengan bantuan cetakan mal / kertas pola. yang biasa disebut dengan teknik 'Stensil'. seperti contoh beberapa gambar di bawah ini;



Mitra N'zo; Stencils For Painting Walls
external link


Mitra N'zo; Large Paint Stencils For Walls
external link

Mitra N'zo; Wall Mural Stencils
external link



istilah stensil biasanya identik dengan penggunaan sprayer (spray gun) dengan teknik airbrush yang menggunakan cetakan mal / kertas pola, yang pada mulanya dikenal luas setelah biasa diterapkan pada box peti kemasan kargo sebagai penanda barang pecah belah atau nama Negara asal / kode tujuan pengiriman.
namun dalam perkembangannya, penggunaan teknik stensil sudah merambah dalam berbagai bidang, tidak hanya sebatas dalam seni kontemporer, ataupun street art, namun belakangan juga mulai diterapkan pada dekoratif interior ruangan untuk memberi tampilan dinding yang artistik. 
cetakan mal / kertas pola dapat dibuat dengan menggunakan lembaran plastik mika film atau bahan sejenis lain nya, yang nantinya dapat digunakan berulang kali untuk bidang yang lain. lalu proses pengecatannya bisa dengan menggunakan kuas atau spon, maupun dengan roller.


Mitra N'zo; Proses Pembuatan Stensil Dengan Roller
external link


Mitra N'zo; Proses Pembuatan Stensil Dengan Roller
external link


Mitra N'zo; Wall Stencils For Painting
external link



sedangkan untuk permukaan dinding yang bergelombang, bisa juga dengan menggunakan kuas seperti gambar di bawah ini;



Mitra N'zo; Contoh Pengerjaan Stensil Dengan Kuas
external link


setelah selesai melapisi seluruh bagian yang diinginkan dengan cat, maka akan diperoleh hasil akhir, seperti gambar-gambar contoh motif pola stensil di bawah ini;


Mitra N'zo; Stensil Gaya Modern
stensil gaya modern


Mitra N'zo; Large Wall Stencils For Painting
external link


Mitra N'zo; Tree Stencils For Walls
external link


Mitra N'zo; Dekoratif Stensil Motif Wallsticker
dekoratif  stensil yang menyerupai motif wallsticker


dan masih banyak terapan motif lain nya yang bisa dikembangkan melalui teknik stensil ini, tergantung ide & kreatifitas kita dalam segi pewarnaan, jenis motif dan penyusunan pola, ataupun teknik pengecatan nya, berikut beberapa contoh motif stensil yang penulis dapat dari pencarian di situs-situs internet;


Mitra N'zo; Stensil Motif Tenun Ikat
pola stensil etnik dengan motif "Tenun Ikat"


Mitra N'zo; Stensil Geometris Modern
stensil dengan pola geometris modern


Mitra N'zo; Wall Painting Stencils
external link


Mitra N'zo; Stencils For Walls
external link


poin lebih dalam mengecat dinding dengan teknik stensil adalah; kita dapat lebih leluasa dalam mengekspresikan variasi motif, warna dan ukuran dari jenis pola / gambar stensil, sesuai ukuran ruangan atau jenis arsitektur maupun jenis perabotan yang sudah ada / yang akan dipakai.
bahkan teknik pengecatan stensil dapat pula diterapkan pada perabotan itu sendiri seperti; furniture, lemari, dan lain-lain, seperti beberapa contoh di bawah ini;


Mitra N'zo; Indian Inlay Furniture Stencil Kit
external link


Mitra N'zo; Meja Dengan Tatahan Stensil Indian
meja dengan tatahan stensil Etnik India


Mitra N'zo; Laci Dengan Stensil Tribal Kuba
laci dengan stensil Tribal Etnik Kuba


Mitra N'zo; Lemari Stensil Shipibo Peru
lemari dengan stensil motif "Shipibo" Peru


Mitra N'zo; Stensil Geometris
stensil dengan motif geometris

Sumber Gambar:

http://www.cuttingedgestencils.com

http://www.tripadvisor.com

http://www.goorganicblog.com

http://weheartit.com

http://www.cityhomeconstructions.com

http://www.hgtv.com

https://www.etsy.com



Artikel Terkait:

5 komentar: